Jumat, 06 November 2015

TUJUAN DAN MANFAAT IPS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)



TUJUAN DAN MANFAAT IPS
(ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)

Pada dasarnya, terdapat empat pendapat mengenai tujuan pengajaran IPS disekolah. Pertama, untuk mendidik para peserta didik menjadi ahli ekonomi, politik, hukum, sosiologi dan pengetahuan sosial lainnya. Kedua, untuk menumbuhkan warga negara yang baik. Ketiga, merupakan kompromi dari pendapat kedua. Golongan ini mengakui kebenaran masing-masing golongan tersebut. Keempat,  untuk mempelajari bahan pelajaran yang “sifatnya tertutup” (Closed areas).
Secara keseluruhan, tujuan pendidikan IPS di SMP adalah sebagai berikut :
1)   Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat.
2)  Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3) Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian.
4) Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut.
5) Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar